Rabu, 16 November 2016

10 Manfaat Menyusui Bagi Ibu Setelah Melahirkan

Tags


10 Manfaat Menyusui Bagi Ibu Setelah Melahirkan


Selamat sore para bunda kali ini info9 akan share artikel tentang 10 Manfaat Menyusui Bagi Ibu Setelah Melahirkan. Menyusui bagi seorang ibu sangat penting dan dianjurkan, karena manfaatnya sangat besar untuk bayi dan juga bagi ibu. Nah berikut ini adalah beberapa manfaat menyusui bagi ibu antara lain :


1. Dapat Mencegah Perdarahan

Menyusui bayi setelah melahirkan bisa mendorong terjadinya kontraksi rahim dan mencegah terjadinya perdarahan. Ini dapat membantu mempercepat proses kembalinya rahim ke posisi semula.

2. Dapat Mengurangi Berat Badan

Menyusui juga dapat membantu ibu mengurangi berat badan. Sebagai informasi ketika menyusui itu berarti sama dengan membakar kalori sebesar 200 hingga 500 kalori perhari. Jumlah kalori yang sama jika anda berenang selama beberapa jam atau naik sepeda selama satu jam.

Baca tentang : Tips Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda 

3. Menurunkan Risiko  Sakit  Jantung

Ada sebuah penelitian mengungkapkan bahwa menyusui dapat bermanfaat terhadap jantung. Penelitian yang melibatkan 139.000 orang perempuan menemukan penurunan hipertensi sebesar 11 persen, penurunan lemak dalam darah seebsar 19 persen, dan pengurangan risiko penyakit jantung secara keseluruhan sebesar 10 persen, Lumayan berpengaruh bukan ?

4. Minimalisir Terkena Kanker Payudara dan Kanker Rahim

Menurut penelitian Menyusui bisa meminimalisir resiko terkena kanker payudara. Diperkirakan persentase pencegahannya mencapai 20%. Beberapa laporan juga menyebutkan bahwa menyusui juga dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker indung telur dan kanker rahim.

5. Mengurangi Risiko Radang Sendi

Wanita yang menyusui selama setidaknya 12 bulan selama hidupnya akan berkurang risikonya terserang rheumatoid arthritis atau radang sendi sebesar 20 persen. Dan ibu yang menyusui selama setidaknya 24 bulan berkurang resikonya sebesar 50%. Demikian hasil penelitian besar jangka panjang yang dilakukan Nurses Health.

Baca tentang : Tips Mengencangkan Perut Kendur Setelah Melahirkan 

6. Sebagai Ungkapan Kasih Sayang

Nah hal ini sudah jelas bahwa menyusui adalah wujud kasih sayang seorang ibu kepada bayinya. Hubungan batin anatar ibu dan bayi akan terjalin erat karena saat menyusui bayi menempel pada tubuh ibu. Bayi bisa mendengarkan detak jantung ibu, merasakan kehangatan sentuhan kulit ibu dan dekapan ibu.

7. Menurunkan Risiko Terserang Diabetes

Di antara perempuan yang mengalami diabetes, penelitian juga telah menemukan penurunan risiko diabetes tipe 2 sebesar 4 - 12 persen setiap tahun pada ibu yang menyusui bayinya.

Baca tentang : Tips Cara Perawatan Bayi 

8. Praktis dan Ekonomis

Hal ini tentu sangat praktis dan berkualitas. Karena sekarang ini harga susu formula cenderung terus meningkat, memberi asi dapat mengurangi biaya untuk susu formula yang cukup tinggi. Selain itu asi sangat praktis, ibu tidak perlu repot mencuci dan merebus botol pada masa pemberian asi ekslusif, sehingga bisa menambah waktu istirahat bagi ibu pada malam hari.

9. Mengurangi Depresi setelah Melahirkan

Kondisi psikologis ibu juga akan mendapat dorongan lewat menyusui bayinya. Sebuah penelitian tahun 2003 dari Australia menunjukkan adanya peningkatan depresi setelah melahirkan pada ibu yang tidak menyusui bayinya dan ibu yang menyapih bayinya sejak dini.

Baca tentang : Tips Cara Merawat Bayi Tanpa Pembantu 

10. Sebagai Alat Kontrasepsi

Hal in apabila dilakukan secara exsclusive dapat berfungsi sebagai alat kontrasepsi. Walaupun ini hanya berlaku selama 4 bulan setelah melahirkan, Perlu di ingat secara exsclusive yah bun. Hisapan bayi pada payudara ibu merangsang hormon prolaktin. Hormon prolaktin dapat menghambat terjadinya pematangan sel telur sehingga menunda kesuburan.

Baca juga tentang : 

Tips Melahirkan Bayi Tanpa Operasi Caesar 
Gejala Kesehatan yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil
Tips Lengkap Agar Wanita Cepat Hamil

Demikianlah artikel kali ini terimakasih sudah berkunjung ke blog info9 ini, jika artikel ini bermanfaat silahkan klik tombol share dibawah ini.


EmoticonEmoticon