Senin, 24 Oktober 2016

Tips dan Trik mengatasi Keputihan Secara Alami

Mengatasi keputihan secara alami

Beberapa penanganan keputihan secara mandiri yang dapat dilakukan oleh seorang wanita berikut adalah tips dan trik mengatasi keputihan secara alami yang telah terbukti banyak dilakukan oleh wanita-wanita sekarang ini.


1. Jus Anggur dan Madu

Minuman lain seperti jus anggur dan madu juga bisa membantu menyembuhkan keputihan. Anggur mengandung zat yang bisa melawan bakteri dan virus penyebab keputihan. Bahkan kandungan warna alami unggu dan merah pada anggur bisa meningkatkan kadar pH alami pada rongga vagina. Anda bisa membuat jus anggur tanpa mengupas kulitnya dan campurkan dengan satu sendok madu. Untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat maka jangan mencampurkan air pada jus anggur. Jus anggur yang murni akan membantu menyembuhkan keputihan dengan cepat.

2. Biji Ketumbar

Biji ketumbar ternyata dapat juga mengobati keputihan. Cara memakai biji ketumbar sebagai obat keputihan adalah dengan cara merendam biji ketumbar di dalam air selama satu malam. Saat bangun tidur di pagi hari, sebelum makan atau minum apapun, minumlah air rendaman biji ketumbar tersebut.

3. Minum Jahe Hangat

Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang dipercaya memiliki khasiat yang sangat tinggi. Rimpang jahe mengandung senyawa alami yang bisa berfungsi untuk mencegah radikal bebas dan juga melawan infeksi bakteri dan virus. Bahkan ini juga bisa melawan bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Anda bisa menyembuhkan keputihan dengan cara merebus saru gelas air minum dengan satu ruas kecil jahe segar. Setelah mendidih maka angkat dan saring. Anda bisa langsung meminumnya ketika masih hangat. Anda bisa menambahkan gula batu atau madu agar rasanya lebih nikmat.

4. Kebersihan Pakaian Dalam dan Luar

Cara mengatasi keputihan secara alami paling ampuh adalah menjaga kebersihan seputar Miss “V”. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menjaga kebersihan pakaian dalam dan pakaian luar. Gunakan jenis pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun. Bahan katun akan menyebabkan area vagina menjadi tidak lembab dan kering. Hindari menggunakan bahan sintetis karena panas dan menghasilkan keringat berlebihan. Selain itu untuk pakaian luar hindari menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Gunakan celana yang longgar sehingga area reproduksi menjadi lebih nyaman. Hal ini juga ampuh sebagai cara mengatasi keputihan yang gatal dan berlebihan.

5. Daun Sirih

Untuk mengobati keputihan abnormal, bisa menggunakan daun sirih yang berupa daun maupun yang sudah diolah menjadi sabun. Untuk membasuh Alat Reproduksi, rendam daun sirih dalam air selama satu hingga dua jam, lalu gunakan air tersebut untuk membersihkan Alat Reproduksi. Jika Anda memilih untuk menggunakan sabun sirih, perhatikan kadar asamnya, pilih yang kadar asamnya tidak terlalu tinggi agar ekosistem bakteri di Alat Reproduksi tidak rusak.

6. Biji mangga

Mangga adalah buah yang manis dan legit. Setelah kita makan mangga biasanya kita akan membuang bijinya begitu saja. Padahal biji mangga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kaum hawa yaitu untuk mengobati keputihan.
Caranya adalah mengeringkan biji mangga, lalu giling hingga menjadi bubuk yang halus, campur bubuk itu dengan air hingga berbentuk seperti krim. Oleskan krim itu pada Alat Reproduksi untuk menyembuhkan keputihan.

Jika Anda telah sembuh dari keputihan Anda harus melakukan langkah – langkah berikut agar keputihan yang mengganggu tidak datang kembali menghampiri Miss. V.

  • Gunakan celana dalam yang terbuat dari katun yang dapat menyerap keringat dengan sempurna, jadi Alat Reproduksi tidak lembab dan hindari celana terlalu ketat.
  • Jangan menggunakan sabun wangi atau sabun antibakteri terlalu sering.
  • Selalu membersihkan Alat Reproduksi dengan air hangat dan sabub khusus
  • Gunakan pembalut yang baik dan jangan terlalu lama menggunakan pembalut, gantilah pembalut setiap tiga jam.
  • Hindari stress, carilah hiburan ketika Anda sudah merasa tertekan atau bosan.
  • Perbanyak minum air putih untuk menetralkan keasaman daerah kewanitaan
  • Setelah buang air kecil, bersihkan organ intim dari arah depan ke belakan untuk menghindari bakteri dari anus berpindah ke Alat Reproduksi.
  • Mengkonsumsi sayur dan buah secara teratur untuk membunuh bakteri dari dalam dan meningkatakan daya tahan tubuh.
  • Jangan menggunakan handuk orang lain ataupun membiarkan orang lain memakai handuk Anda.


 7. Jangan Menggunakan Cairan Pembersih Vagina

Ada banyak jenis cairan pembersih vagina yang bisa didapatkan dengan mudah. Bahkan untuk membeli bahan ini tidak perlu menggunakan resep dari dokter. Namun ternyata menggunakan cairan pembersih vagina justru bisa meningkatkan jumlah keputihan. Beberapa bahan kimia dalam cairan ini menyebabkan kerusakan pH murni dalam area vagina dan mematikan bakteri yang baik. Karena itu sebaiknya hindari penggunaan cairan pembersih vagina saat keputihan.

8. Cuka Sari Apel

Bahan cuka sari apel juga sangat bermanfaat untuk mengobati keputihan terutama jika keputihan disebabkan oleh bakteri. Cuka sari apel bisa membantu vagina mendapatkan tingkat keseimbangan PH yang lebih sesuai. Selain itu cuka sari apel juga bisa membantu meningkatkan jumlah bakteri baik dalam vagina dan mengurangi vagina yang terlalu berbau akibat infeksi jamur.

Caranya : campurkan cuka sari apel murni ke dalam segelas air mineral yang hangat, kemudian tambahkan madu lalu minum. Anda bisa minum selama satui hari sekali untuk mendapatkan manfaat terbaiknya.

9. Minum Jus Delima

Jus delima juga akan membantu mengatasi keputihan dengan cara yang sangat alami. Jus delima mengandung beberapa nutrisi yang sangat penting yaitu meningkatkan keseimbangan hormon dan mencegah perkembangan bakteri dan virus.  Bahkan termasuk membunuh semua bakteri jahat yang berkembang dalam vagina. Cara menghentikan keputihan dengan delima adalah dengan minum jus delima satu kali sehari.

10. Yogurt

Yogurt merupakan makanan yang mengandung sumber probiotik alami yang sangat tinggi. Kandungan bakteri baik dalam yogurt bisa melawan pertumbuhan bakteri jahat di dalam vagina yang menyebabkan keputihan. Yogurt juga bisa membantu melawan infeksi jamur yang sering terjadi pada vagina. Bahkan yogurt bisa memelihara organ reproduksi dari dalam tubuh. Untuk menyembuhkan keputihan dengan yogurt maka Anda bisa makan yogurt setiap hari. Ini cara alami yang akan menyeimbangkan kondisi organ reproduksi dari dalam tubuh.

11. Makan Pisang Setiap Hari

Anda juga bisa mengobati keputihan dengan cara yang sangat alami. Buah pisang menjadi buah yang bisa mengurangi keputihan dengan cara yang alami dan juga menyembuhkan keputihan itu sendiri. Pisang membantu tubuh mengatasi gangguan reproduksi dengan membantu menyeimbangkan hormon dari dalam tubuh. Untuk menghentikan keputihan dengan pisang Anda bisa mencoba untuk makan pisang selama dua kali sehari. Pisang juga sangat baik untuk membantu pencernaan yang sehat dan kandungan kalium pisang membantu meningkatkan detak jantung yang sehat.

 12. Jangan Makan Makanan Berminyak

Makanan berminyak mengandung lemak yang bisa menyebabkan keputihan menjadi lebih parah. Makanan yang berminyak bisa menyebabkan kadar hormon dalam tubuh mengalami perubahan. Kadar hormon yang tidak seimbang inilah yang kemudian akan merubah keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu makanan berminyak juga menyebabkan kondisi metabolisme tubuh terhambat. Jadi selama keputihan maka sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan berminyak.

Demikianlah share artikel tentang tips dan trik mengatasi keputihan secara alami jika artikel ini bermanfaat silahkan di share terimakasih.



1 komentar so far


EmoticonEmoticon