Selasa, 25 Oktober 2016

Faktor Yang Mempengaruhi Kesuburan Wanita

Kesuburan Wanita

Dengan berjalannya waktu dan pertambahan umur secara otomatis tingkat kesuburan wanita akan menurun. Walau demikian walaupun berada pada usia subur  faktor gaya hidup berperan besar dalam memengaruhi peluang seorang wanita untuk hamil.
Wanita yang ingin segera hamil banyak yang tidak tahu apa yang terbaik yang harus mereka lakukan atau tidak dilakukan. Berikut yang perlu diketahui apa saja faktor yang bisa memengaruhi kesuburan wanita.

1. Obesitas ( Kelebihan Lemak )

Memiliki kelebihan lemak bisa memengaruhi produksi hormon sehingga kehamilan sulit didapatkan. Makin berat tubuh seorang wanita makin rendah fungsi ovariumnya dan perlu diketahui Wanita yang mengalami obesitas di usia 18 tahun cenderung menderita polycystic ovary syndrome (PCOS) dan sulit untuk hamil.

Sebelum melanjutkan baca juga tentang : Tips agar wanita cepat hamil

2. Terlalu kurus
Kebalikan dari yang tadi, terlalu kurus juga akan berpengaruh pada hormon. Tubuh yang terlalu kurus biasanya kekurangan hormon leptin, hormon yang mengontrol rasa lapar dan kenyang. Hormon ini juga memengaruhi masa menstruasi.

3. Pertambahan usia

Saat seorang wanita mencapai menopause, biasanya di usia 50-an, ia tak lagi bisa memproduksi sel telur dan sulit hamil. Tetapi beberapa tahun sebelum menopause, seorang wanita akan mengalami gangguan kesuburan karena jumlah sel telurnya berkurang.
Tidak ada angka yang resmi kapan kesuburan wanita akan berkurang, tapi kebanyakan dokter mengatakan usia di atas 35 tahun peluang kehamilan akan menurun.

4. Ibu

Tanyakan pada ibu Anda di usia berapa ia mencapai menopause. Jika ia memulainya di usia yang tergolong muda, besar kemungkinan Anda juga. Faktor genetik memang berpengaruh pada banyak atau sedikitnya jumlah sel telur yang kita miliki.

5. Zat kimia

Pengaruh paparan zat kimia industri bisa menurunkan tingkat kesuburan sampai 29 persen. Beberapa zat kimia yang kita temui di produk kecantikan atau pembersih rumah, seperti phthalates, juga bisa memengaruhi kadar hormon dalam tubuh.


Baca Juga Tentang :  7 Cara menjaga vagina agar tetap kencang

6. Merokok

Merokok bisa mengganggu janin dan juga menurunkan peluang kehamilan dan merokok adalah penyebab dari 13 persen kasus infertilitas. Merokok  juga diketahui akan mengacaukan hormon dan merusak DNA, baik pada pria atau wanita.

7. Alkohol/Minuman Keras

Waspadalah terhadap konsumsi alkohol dalam jumlah besar, yakni lebih dari satu minuman perhari. Penelitian mengungkapkan, wanita yang tergolong peminum cenderung lebih sering menjalani terapi untuk kehamilan untuk meningkatkan kesuburan.

8. Olahraga berat

Olahraga secara rutin bisa membantu kita menjaga berat badan, kuat, dan berenergi. Semua itu diperlukan saat kita hamil. Tapi kalau olahraga nya terlalu berat maka akan berdampak buruk pada proses ovulasi. Gejala paling nyata dari olahraga berat adalah gangguan siklus haid terlalu banyak atau terlalu dikit.

9. Gangguan tiroid

Gangguan tiroid bisa memengaruhi proses ovulasi dan kehamilan. Karena itu tak ada salahnya untuk memeriksakan ke dokter  kadar tiroid Anda jika Anda belum juga berhasil hamil.

10. Kafein

Terlalu sering minum yang mengandung cafein  dapat mengganggu kontraksi otot yang membantu sel telur berpindah dari ovarium melalui tuba falopi ke rahim sehingga mengganggu kesuburan wanita.


Demikianlah Informasi Tentang Faktor yang mempengaruhi Kesuburan seorang wanita. Jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk di share kepada yang lain agar sama-sama mengetahui manfaatnya. Terimakasih,

1 komentar so far

referensi buat si calon istri ane nih. thanks gan


EmoticonEmoticon